Sabtu, 02 Juni 2012

Mengapa Handicraft?

sahabat...

siapa yang tidak tertarik dengan dunia craft? selain unik, bagus dan lucu. craft itu hanya jumlah tertentu yg akan kita temukan. karena craft lebih identik dengan hasil karya tangan. dan setiap karya dari tangan seseorang pastilah berbeda.
nah, itu juga alasan kenapa aku terjun dan fokus ke dunia craft. pernah salah seorang guruku bilang "kalo orang yg berkecimpung di dunia craft, dia lebih awet muda" kenapa?
karena si pengrajin melakukan kegiatan craftnya itu penuh dengan kesenangan. :)
oiya, ada sedikit cerita dariku asal mulanya aku menekuni crafting ini.
sejak SMP, aku sangat senang di dunia craft. pertama kali aku ber-crafting itu membuat mading sekolah. yg aku idekan langsung kepada guru Bahasa Indonesiaku. karena posisi 'layar' mading selalu putih polos. sehingga setiap singgah di depan mading hanya decakan yg aku keluarkan. "hahhh, ga ada yg ngurusin apa?"
nah, dari situ kenapa terbesitlah otakku untuk berkarya. sang guru-pun memberi kesempatan kepadaku untuk mengisinya. satu orang teman yg bersamaku mengurusi pembuatan ini.
saat pembuatan, sebelum tema kita tuang penuh di halaman kertas mading. kami bingung hiasan apa yg akan menjadi penyegar halaman ini. agar tidak garing jika dibaca oleh para murid, bahkan guru sekalipun.
syukurnya temanku berlangganan majalah anak. dan gambar yg lucupun kita aduk2 untuk ditata. dan juga benda yg anehpun yg kita lihat saat itu kita pajang disana. cetakan telapak tangan, telapak kaki, daun kering dari pohon jambu, sisa kertas yg kita bakar, bahkan koran2 usang kita lecek agar bisa menjadi hiasan di mading yg kita buat. hehheee... kalau kata mereka disanalah seninya.
alhamdulillah, terbitan pertama kita berhasil menarik peminat para murid, kamipun mendapatkan acungan jempol dari sang guru.
nah, dari situlah awal mula aku menyukai craft. banyak ide, banyak gagasan, banyak ilmu yg kita dapat.
SMA-pun aku lagi2 diberi amanah untuk memegang mading. subhanallah. butuh wawasan yg luas untuk membuat orang lain senang dengan karya kita.

dan sekarang, semenjak aku off di dunia kerja. karena tuntutan sebagai istri. akupun kembali memutar otak, untuk menutupi ke-BETE-an ku. alhamdulillah, suami selalu standby memberikanku sarana untuk membuka wawasanku dengan selalu sedia jaringan internet. di rumah memang sengaja untuk tidak menyediakan tv. dan sebagai gantinya tv, komputerlah yg berkuasa. :D

aku selalu ingat akan kata2 suami. "jangan selalu facebook yg kamu buka. carilah wawasan lain".
sampai akhirnya, aku membuka-buka blog yg kudapati dari mbah Google. dan aku sangat tertuju pada kata "handicraft dan handmade". subhanallah, bahagianya aku menemukan gambar karya dr para crafter. baik nasional bahkan internasional. dan lagi2 membuka rasa penasaranku untuk bisa membuat blog serta membuat karya sendiri. untungnya di SMP aku pernah merasakan pelajaran "tata busana" jadi tdk cukup kaget dengan dunia jahit menjahit. dan yg kupilih adalah FLANEL.
dan benar memang rasa bete ku terobati dengan ide2 dari mereka. aku mendapatkan banyak hal. membuat blog pun aku dapati dr karya mereka. subhanallah walhamdulillah.

teruntukmu:
"menjadi kreatif itu adalah anugrah, dan aku yakin semua manusia diciptakan mempunyai kreatifitas yg tinggi. tapi semua kembali lagi pd kita. apakah kita mau mengasah kreatifitas yg ada pd diri kita? sehingga orang lain mengetahui akan kemampuan kita"

so, yuks kita berkarya dengan tangan kita.
:)


4 komentar:

  1. MasyaAllah :) happy crafting!

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, masih pemula. jadi masih coba2. happy crafting too.

      Hapus
  2. terima kasih partisipasinya mbak. kemarin dengan pertimbangan malware. giveawaynya kupindahkan ke blog airinhandicrabby.blogspot.com
    semoga semakin semangat berkarya mbak dan trims infonya yah.

    terima kasih partisipasinya dan sudah tercatat

    BalasHapus
  3. seneng deh menemukan orang-orang kreatif, yuk berkunjung keblogku

    salam

    BalasHapus